Saturday, April 09, 2011

Kriteria Hasil Belajar Siswa di kelas


Pada dasarnya, penerapan berbagai model dan metode pembelajaran melalui pendekatan-pendekatan tertentu merupakan usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi dalam kehidupan suatu individu yang berlangsung terus-menerus (Slameto, 1995:3). Menurut Sudjana (1991:49), hasil belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil proses belajar yang meliputi kemampuan kognitif, efektif serta psikomotor. Umumnya hasil belajar akan meningkatkan kemampuan mental siswa. Kemampuan yang dicapai dalam pembelajaran merupakan tujuan pembelajaran tersebut. Ada kesenjangan antara kemampuan pra belajar dengan kemampuan yang akan dicapai. Kesenjangan tersebut (Dimyati dan Mudjiono, 1999:174)
Perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar siswa akan menjadi bekal bagi kehidupan atau proses belajar berikutnya. Perubahan ini dapat ditunjukan melalui pengetahuan, pemahaman, dan sikap. Pengetahuan siswa akan berubah dari sempit menjadi luas atau dangkal menjadi dalam. Perubahan pemahaman dapat dijelaskan bahwa melalui pembelajaran, siswa akan lebih memahami suatu konsep yang belum diketahuinya. Pemahaman ini akan terjadi setelah siswa mampu mengingat apa yang telah diajarkan guru atau pengetahuan yang pernah diperolehnya. Sedangkan perubahan sikap siswa terjadi setelah siswa memahami berbagai pengetahuan, sehingga ia dapat mempertimbangkan nilai-nilai atau sikap yang lebih banyak memberikan dampak positif. Jadi, yang dimaksud hasil belajar fisika adalah perubahan dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang akan dicapai oleh siswa pada mata pelajaran fisika. Perubahan tersebut dapat dilihat dari keadaan siswa saat proses belajar mengajar dan melalui nilai tes yang diberikan oleh guru.
Hasil belajar dapat diperoleh dari pengukuran. Dalam istilah pendidikan pengukuran tersebut dikatakan sebagai proses evaluasi. Menurut Daryanto (2009:311), evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai keberhasilan belajar siswa setelah ia mengalami proses belajar selama satu periode tertentu. Alat yang digunakan dalam pengukuran biasanya dalam bentuk tes dan hasilnya berupa angka atau nilai. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar digunakan post tes buatan guru yang akan dilaksanakan di akhir pembelajaran diantaranya yaitu:
a. Penilaian dari tes akhir (post test) siswa, LKS.
b. Penilaian observasi siswa diantaranya penilaian siswa selama proses belajar mengajar penilaian aktivitas kelompok dan penilaian aktivitas siswa dalam kelompok

No comments:

Post a Comment